Minggu, 12 September 2010

PIZZA

Tahukah kamu kenapa Pizza menjadi makanan rakyat?

Jika sekarang di indonesia pizza menjadi makanan golongan menengah ke atas, hal ini sangatlah menggelikan karena pada awalnya pizza pada awal kelahirannya justru adalah makanan rakyat di kawasan Kota Napoli, Italia sekitar tahun 1720-an.
 Pada saat itu penjual pizza berteriak-teriak mencari pembeli di jalan-jalan sempit sambil manjajakan pizza yang disimpan dalam scudo. dengan alasan menjaga wibawa kerajaan maka saat itu ratu melarang makanan rakyat jelata iitu masuk istana dan melarang para bangsawan memakannya. tapi secara diam-diam Raja Ferdinand 1 (1751-1825) justru menyukainya bahkan sangat-sangat menyukainya sampai-sampai ia rela menyamar sebagai rakyat jelata untuk bisa menyantap makanan tersebut.
di masa selanjutnya Sang Raja malah mengkampanyekan pizza sebagai makan yang sehat dan lezat. Awalnya kalangan istana masih takut karena larangan ratu belum dicabut. Namun setelah satu per satu memberanikan diri untuk memakan pizza dan terbukti rasanya enak makan pizza menjadi makanan yang disukai oleh kaum istana dan banyak orang.

pada zaman Raja Ferdinand II (cucu Ferdinand I), di halaman istana terdapat pemanggang pizza berbahan bakar kayu untuk menjamu tamu undangan dan kaum bangsawan.

pizza yang baik harus dibuat dengan bahan-bahan serat yang sehat dengan bantuan karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin yang seimbang. minyak zaitun adalah salah satu bahan lain yang disarankan dipakai untuk membuat pizza yang sehat karena bisa manaikkan pembentukan lemak baik dalam tubuh kita. Pizza lebih bagus jika dipanggang dengan bahan bakar kayu. Asap bakaran kayu akan menghasilkan aroma khas dan lapisan tipis abu pada dasar pizza yang konon akan menambah kelezatannya.

Di negara asalnya, pizza dibuat antara lain dengan melemparkan aonan pizza ke udara dan memutarnya. ini bukan pertunjukan akrobat tapi gaya sentrifugal dari perputaran itu ternyata dapat melembutkan adonan serta membentuknya menjadi sebuah piringan yang tepinya sedikit lebih tinggi. bentuk seperti itumenjadi lapisan dasar yang sempurna untuk sebuah pizza.

pizza biasanya dihidangkan bersama makanan Italia lain, pasta. Konon, pasta bukan asli Italia melainkan dari Cina. Ceritanya, demi mendapatkan resep pasta, Marco Polo, sang pengelana terkenal  Italia, sampai menawarkan barter resep pizza dengan koki di Cina. Pasta selanjutnya dikenal di Italia. Sementara di Cina, pizza dimodifikasi dan menjadi makan yang sekarang dikenal sebagai fuyunghai.

sumber: INTISARI edisi Agustus 2010

scudo : wadah yang terbuat dari Tembaga untuk manjaga dagangan tetap hangat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar