Sabtu, 23 Februari 2013

KOMUNIKASI





Komunikasi memiliki pengertian yang sangat luas. Komunikasi bisa menjadi suatu alat untuk bisa saling mengerti dan saling memahami. Saya percaya bahwa setiap bagian dari alam semesta ini bisa melakukan komunikasi termasuk binatang dan tumbuhan meskipun mungkin hal ini belum bisa dilihat secara nyata. 

Bagi manusia sendiri, komunikasi adalah bagian dari suatu peradaban (budaya). Cara berkomunikasi manusia jaman dulu mungkin berbeda dengan cara berkomuniasi yang dilakukan oleh manusia di jaman modern ini. Bahasa adalah salah satu cara menusia berkomunikasi dengan manusia lainnya. Bahasa yang dimiliki oleh sekelompok manusia mungkin berbeda dengan bahasa yang dimiliki oleh sekelompok manusia lainnya. Oleh karenanya, menguasai beberapa bahasa menjadi satu aspek yang sangat penting agar manusia bisa menjalin relasi yang baik dengan manusia lain yang bahasanya berbeda. Dalam suatu bahasa biasanya ada yang namanya tingkatan bahasa. Ada bahasa yang digolongkan sebagai bahasa yang halus (sopan) dan ada bahasa yang kasar (kurang sopan). Sehingga kita  sebagai manusia selayaknya mampu menggunakan bahasa dengan baik seperti berbicara dengan bahasa yang sopan apabila kita berhadapan dengan orang yang lebih dihormati seperti orangtua. Namun hal ini bukan berarti kita hanya menggunakan bahasa yang sopan apabila berhadapan dengan orang yang lebih dihormati. Alangkah baiknya apabila kita bisa menggunakan bahasa yang sopan kepada semua orang agar kita bisa menjaga perasaan orang lain.

Apabila jaman dahulu manusia lebih banyak berkomunikasi secara langsung (face to face), hal ini berbeda halnya dengan yang terjadi di jaman sekarang. Perkembangan teknologi yang pesat di jaman modern ini menciptakan berbagai alat komunikasi yang bisa dimanfaatkan oleh manusia seperti telepon, hp, internet, dll. Alat komunikasi modern tersebut sebenarnya memiliki dua sisi bagi kehidupan manusia yaitu sisi positif dan sisi negatif. Mendekatkan manusia dengan manusia lain yang tinggalnya saling berjauhan adalah salah satu sisi positif dari alat komunikasi. Namun di sisi negatif, alat komunikasi sebaliknya bisa menjauhkan manusia dengan manusia lainnya seperti contohnya keberadaan hp bisa menjauhkan sebuah keluarga karena para anggota keluarga menjadi jarang berkomunikasi langsung dan lebih banyak menghabiskan waktunya berkomunikasi dengan rekan yang lain melalui hp. 

Dengan  semakin banyaknya alat komunikasi yang berkembang sekarang, manusia perlu mengambil sikap yang bijaksana untuk bisa memanfaatkan alat komunikasi tersebut dengan sebaik mungkin sehingga bisa membawa manusia kepada kehidupan yang lebih baik (kehidupan yang dipenuhi oleh rasa saling mengerti dan saling memahami antara manusia dengan sesamanya maupun antara manusia dengan seluruh bagian dari alam semesta ini).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar